Rabu, 03 April 2013

Gendang Pilkada Kabupaten Kupang Dibunyikan

Oelamasi-TO.Tahapan program dan jadwal Pemilihan Kepala Daerah- Bupati dan Wakil Bupati Kupang dimulai sejak tanggal 1 April 2013. Hal ini ditandai dengan beberapa agenda kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kupang dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang senin (01-03-2103) Di Aula Rujab Bupati Kupang yakni penandatangan kesepakatan dana hibah Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kupang, penyerahan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu yang dilakukan oleh Bupati Kupang Ayub Titu kepada KPU Kab. Kupang oleh Ketua KPUD Kabupaten Kupang Hans Kristian Louk.

Turut Hadir pada Kegiatan tersebut Wakil Bupati Kupang Vicktor Y. Tiran, Sekda Hendrik Paut, serta Sejumlah pimpinan DPRD Kabupaten Kupang diantaranya Ketua DPRD Melitus Ataupah, Wakil Ketua DPRD Anis Mase dan Anthon Natun serta anggota DPRD Matheos Liu. Pada kesempatan tersebut Ketua KPUD Kab. Kupang Hans Louk juga membuka tahapan program dan jadwal Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kupang periode tahun 2014 s/d 2019.

Bupati Kupang Ayub Titu Eki dalam sambutannya mengatakan bahwa gong pilkada yang telah ditabuh hari ini kiranya dapat berjalan dengan baik sesuai tahapan demi tahapan dan kiranya dalam setiap proses tidak menimbulkan permasalahan yang berarti. Dikatakan bahwa keberlangsungan pelaksanaan pilkada ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam hal ini semua elemen masyarakat sehingga dapat berjalan dengan baik, aman dan memuaskan. Terkait dengan masalah-masalah yang sering terjadi terkait dengan pemilihan seperti masyarakat yang tidak terdata, kartu pemilih tidak ada, serta antisispasi goput kiranya menjadi mendapat perhatian KPUD Kabupaten Kupang sehingga tidak menimbulkan masalah nantinya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Titu Eki dalam posisinya sebagai Bupati Kupang saat ini memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik Kabupaten Kupang yang ingin maju dalam pencalonan Kepala Daerah demi kemajuan dan daerah Kabupaten Kupang yang lebih baik. “Saya tidak akan mencegah ataupun menghalangi siapapun yang ingin membangun Kabupaten Kupang lewat pencalonannya baik yang saat ini berkerja dibidang eksekutif, Legislatif maupun masyarakat luas” tandas Bupati Kupang Periode 2009-2014 ini. Ditambahkan Bupati Titu Eki bahwa Semua yang terbaik demi masyarakat Kabupaten Kupang.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kupang Melitus Ataupah dalam sambutannya mengharapkan pilkada Kabupaten Kupang dapat berjalan lancar sesuai tahapannya. Melitus minta semua masyarakat Kab. Kupang mendukung terselenggaranya pilkada Kabupaten Kupang yang baik. Dan kepada KPUD Melitus harapkan dapat dapat berkerja dengan baik dan mampu meminimalisir hal-hal yang dapat menimbulkan masalah dan persoalan yang akan menggangu terselenggaranya pemilukada yang baik.

Selain itu Ketua KPUD Kabupaten Kupang Hans Louk saat membacakan tahapan Pilkada mengatakan bahwa KPU tetap berkerja dengan profesional dan terhindar dari kepentingan-kepentingan pihak manapun. Ditambahkan Hans bahwa daerah yang masa kepemimpinan kepala daerahnya berakhir antara November 2013 hingga juni 2014 harus menyelenggarakan pemilukadanya sebelum oktober tahun 2013 sehingga Kabupaten Kupang menyelenggarakan pilkada sebelum bulan yang dimaksud tetapi untuk pelantikannya tetap sesuai dengan masa jabatan yang ada yakni 25 maret 2014. Hans Louk minta kerjasama dan koordinasi dari semua pihak di Kabupaten Kupang akan mendukung berjalannya pemilukada yang baik, aman dan sukses.
Dalam laporan panitia jumlah data DP4 yang diserahkan Pemerintah Kabupaten Kupang  jumlah DP4 Kabupaten Kupang 275.820.jiwa yang akan juga digunakan bagi calon perseorangan untuk mendaftar. Sedangkan dana hibah yang diberikan Pemkab Kupang kepada KPUD Kabupaten Kupang bernilai Rp.22.573.285.563.- yang diserahkan oleh Bupati Kupang Ayub Titu Eki kepada Ketua KPUD Kabupaten Kupang Hans Kristian Louk. by delon

0 komentar:

Posting Komentar