Senin, 01 April 2013

Bupati Kupang Pantau Mesin Pengolahan Padi


Bupati Kupang pantau mesin produksi pengelolahan padi di Naibonat
Oelamasi-TO. Bupati Kupang, Ayub Titu Eki yang didampingi Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kupang Charles Amheka Rabu (20/3)  sempat memantau proses produksi mesin pengolahan yang dikelolah oleh PT. Pertani Persero di Naibonat. Mesin berbahan bakar sekam ini pada proses produksinya dilengkapi dengan pengering gabah dan dapat mengatur kadar kering padi sehingga kualitas yang dihasilkannya menjadi sangat baik.

Bupati Kupang Ayub Titu Eki berharap mesin ini dapat segera dioperasikan guna membantu masyarakat. Melalui proses uji coba ini kita lihat proses produksinya, sehingga kalau hasilnya bagus segera dapat digunakan bagi masyarakat”, katanya.

Ia menambahkan, untuk menjadi unggul tentu harus disertai dengan perubahan-perubahan pembangunan kearah yang lebih maju lagi. Untuk itu upaya dan terobosan sekecil demi mendukung kemajuan daerah ini seperti pengembangkan teknologi pertanian yang ada yang bermanfaat bagi masyarakat kabupaten kupang.  saat ini pastinya bermanfaat bagi masyarakat.

Lukman Anwar, SE selaku pejabat teknis PT. Pertani Persero- BUMN Dept. Pertanian RI menjelaskan teknologi mesin pengolahan padi ini memiliki banyak manfaat yang didapat diantaranya memberi kualitas padi yang yang terbaik dalam pengolahannya.

Dikatakan, produksinya yang bisa mencapai 20 ton/hari tentu membutuhkan banyak pekerja mulai dari operasional mesin, hingga proses produksinya dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Keuntungan lainnya lanjut Lukman  dengan adanya mesin  ini para petani tidak perlu lagi menjemur hasil padinya karena dapat langsung dikeringkan dengan mesin dengan kadar pengeringannya yang pas sehingga hasil padinya sangat baik. Selama ini para petani mengalami kendala dalam menjemur hasil panennya apalagi dimusim hujan-lembab sehingga memakan waktu dan hasil yang kurang baik. by : delon

0 komentar:

Posting Komentar