Selasa, 14 Mei 2013

Potensi Yang ada Harus Dikembangkan

Oelamasi-TO.Kita mulai dari hal yang kecil jika dilakukan dengan penuh kesungguhan dan kesetiaan tentu akan menghasilkan sesuatu yang besar dan berart,Demikian pernyataan Bupati Kupang Ayub Titu Eki saat memberikan arahan di Rapat Anggota Tahunan KSU Overa Fatumonas Amfoang Tengah Kamis (9/5). 

Dikatakan Bupati Kupang,ketika kita menghadiri RAT Koperasi yang berdiri tanggal 23 Mei,agar dapat memanfaatkan potensi alam yang dimiliki desa Fatumonas perlu dikembangkan oleh koperasi sehingga dijadikan sebuah peluang usaha yang baik.

 “Jangan tinggal diam tetapi cari peluang dan lakukan kegiatan yang membangun masyarakat,"kata Bupati Titu Eki. Lebih lanjut kata Bupati Titu Eki agar masyarakat yang tergabung dalam koperasi dapat membangun semangat kebersamaan dan terus mendukung koperasi yang ada agar dapat berkembang dengan baik lagi. 

“Ketika koperasi ini maju dan berhasil tentu masyarakat yang akan diuntungkan.” Ujarnya. 

Sekda Kabupaten Kupang, Hendrik Paut menambahkan bahwa sebuah tolak ukur sebuah koperasi dinyatakan sehat adalah memiliki manajemen keuangan yang baik,ada rapat anggota sehingga sistem managemen koperasi dapat berjalan dengan sangat baik. 

Ia berharap koperasi ini tidak sekedar berdiri tetapi benar-benar dapat membangun masyarakat menggali potensi yang ada untuk dapat dikembangkan dan dijadikan peluang usaha yang membangun Desa fatumonas menjadi lebih baik lagi.

Sekda Hendrik Paut menekankan agar untuk kedepannya dana pemberdayaan yang ada didesa seperti PNPM dan sebagainya dapat juga digunakan untuk mendukung kemajuan koperasi lewat kegiatan pengembangan kapasitas masyarakat sehingga menjadi lebih terampil karena selama ini pembangunan lebih kepada fisik saja padahal pembangunan manusia yang terampil merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan juga.

Ketua KSU Overa Fatumonas,Pdt.Jamers N. Hetmina,STh menambahkan koperasi di Amfoang Tengah yang berdiri tahun lalu, kini hadir ditengah-tengah masyarakat dengan jumlah anggota pertama sebanyak 38 orang yang bertujuan untuk membangun masyarakat.

Menurut,rencana anggota koperasi ini hanya untuk simpan pinjam,tetapi setelah mendengar penjelasan dari Bupati, Sekda dan Pimpinan SKPD Jamers dan anggota lainnya akan mempertimbangkan koperasi ini dapat dikembangkan lebih besar dan memanfaatkan potensi yang ada di masyarakat seperti madu, temulawak dan pertanian lainnya untuk dikembangkan dan menjadi usaha baru koperasi ini.

Kades Fatumonas Matheos Niap mengatakan bahwa Desa Fatumonas Kecamatan Amfoang Tengah mempunyai peluang untuk maju karena memiliki banyak potensi yang jika dikembangkan akan mendukung kemajuan desa. “yang masih menjadi penghalang bagi kami adalah pengembangan tenaga trampil di daerah ini masih sangat minim,”ujarnya. by : evin

0 komentar:

Posting Komentar