Selasa, 14 Mei 2013

Gerhana Matahari, Sangat Jelas Bentuknya.

Oelamasi-TO.Peneliti asal Institut Teknologi Bandung (ITB) Zadrach L. Dupe, ketika melakukan pengamatan benda-benda angkasa pada malam hari Jumat (10/5) pukul 05.30-06.15.Wita di dari langit Amfoang menyaksikan secara langsung gerhana matahari yang terjadi pada hari itu dengan menggunakan peralatan teropong super canggih. 

Hasil penelitian Tim ITB tersebut turut diikut sertakan Bupati Kupang Ayub Titu Eki didampingi sejumlah pejabat lingkup Pemda Kab. Kupang diantaranya Sekda Hendrik Paut, Kadis Pertanian Obed Laha, Kaban Kesbang Richard Benu, Kabag Ekonomi Agus Darelomi serta Plt. Kabag Humas Protokol Stefanus Baha, kabag Umum Oscar Tanau Mereka langsung menyaksikan proses alamiah gerhana Matahari dari wilayah pegunungan Amfoang. 

Gerhana Matahari terjadi kurang lebih 40 menit tersebut hanya dapat dilihat sangat jelas bentuknya dengan menggunakan teropong milik Tim ITB.

 “Tidak boleh melihat langsung karena mata akan rusak.”,kata  salah seorang peneliti 

Salah seorang warga amfoang,Jerhan Hetmina diberi kesempatan melihat benda langit dengan menggunakan tehnologi canggih mengaku baru pertam kali melihat gerhana matahari untuk pertama kali seumur hidupnya. 

Bupati Kupang Ayub Titu Eki menyambut baik apa yang telah dilakukan tim ITB di wilayah Kabupaten Kupang dan menyatakan segala upaya membangun Kabupaten Kupang kearah yang lebih baik akan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Kupang. 

Ke-11 peneliti ITB dengan berbagai jurusan diantaranya 9 orang dosen astronomi, 1 orang dosen meteorologi dan 1 orang dosen Geologi. 

Sekembali dari Amfoang, Sabtu (11/5) Tim melakukan kegiatan seminar di Universitas Nusa Cendana Kupang berkaitan dengan bidang astronomis. Penelitian ini juga dapat terwujud berkat kerjasama dan dukungan Undana Kupang yang dalam penelitian ini melibatkan 2 orang dosen dan 6 orang mahasiswa Fisika Undana. by :elon

0 komentar:

Posting Komentar