Kamis, 25 April 2013

Sekda : Lepas 126 Mahasiswa Poltekes PKN di Kupang Tengah



Oelamasi-TO.Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd, Senin (22/4) melepas 116 Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltes-Kemenkes untuk melakukan Praktek Kerja Nyata (PKN) selama tiga minggu  di Desa Penfui Timur, Kecamata Kupang Timur.

Turut dihadiri oleh Pejabat Poltekes Kemenkes, Kajur Keperawatan Margarita U. W, Pembantu Direktur III Beatriks Soe, Kepala Unit Penjaminan Mutu Poltekes Kemenkes Dafroyati.

Sekda Hendrik Paut dalam sambutan singkatnya mengatakan masalah kesehatan dan pendidikan merupakan faktor penting yang sangat berperan penting bagi kemajuan bangsa. Permasalahan kesehatan merupakan salah satu hal penting yang perlu untuk diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya secara khusus di Kabupaten Kupang.

Dijelaskan, Kabupaten Kupang masalah daerah yang jauh, keterbatasan infrastruktur kesehatan menjadi masalah yang perlu untuk diperbaiki. Selain itu, tenaga medis yang terbatas juga menjadi salah satu faktor bidang kesehatan yang terus dibenahi Pemda Kupang saat ini.

Ditambahkan, dalam menanggulangi masalah tersebut, Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri, dan perlu bantuan pihak lain. Tentunya dengan kehadiran lembaga pendidikan yang peduli akan masalah kesehatan dan turun langsung dalam membangun masyarakat melalui praktek kerja semacam ini tentu sangat diapresiasi oleh Pemerintah.

Sekda berharap para mahasiswa memberi input positif bagi masyarakat baik dalam pola hidup sehat. “Untuk membentuk hidup sehat dapat dimulai dari potensi yang ada disekitar masyarakat salah satunya ialah dengan memakan makanan yang sehat dan alami”. tandasnya, Sekda.

Lebih jauh kata Sekda, Pemda Kabupaten Kupang melalui gerakan tanam paksa, paksa tanam memotivasi masyarakat di wilayah Kabupaten Kupang untuk gemar menanam secara khusus menanam tanaman bergizi disekitar rumah seperti cabe, tomat, terong dll yang ketika dikonsumsi ada nilai gizi dan manfaatnya, selain itu jika dijual memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat itu sendiri. Ini merupakan kolaborasi Pemda Kupang sesuai dengan target menuju Indonesia sehat tahun 2015 yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Kajur Keperawatan Poltekes Kemenkes M. Margarita U.W mewakili Direktur Poltekes mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan PKN para mahasiswa mampu menghasilkan asuhan keperawatan pada masyarakat di Desa Penfui Timur Kecamatan Kupang tengah dan dapat mengaplikasikan pengetahuannya di masyarakat untuk memajukan kesehatan masyarakat. 

Dikatakan lebih lanjut selama 3 minggu mahasiswa yang PKN akan melakukan pengkajian data kesehatan masyarakat, bermusyawarah bersama dengan tokoh-tokoh desa terkait dengan permasalahan kesehatan yang dihadapi agar dapat dicarikan  solusinya, melakukan kegiatan bakti sosial, serta membuat pelaporan hasil PKN yang juga akan disampaikan kepada Pemkab Kupang sebagai referensi pembangunan Kesehatan di Desa Penfui Timur.
 
Ia berharap melalui PKN mahasiswa dapat menerapkan ilmunya dimasyarakat dan  dapat bermanfaat. by : delon

0 komentar:

Posting Komentar